Growth Hacking

Apa itu Growth Hacking? Strategi dan Cara Kerjanya

Dalam bisnis startup, strategi dilakukan dengan basis eksperimen, yaitu growth hacking. Strategi marketing ini sering digunakan sebagai cara yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis startup. Strategi growth hacking dilakukan dengan memadukan data engineering, marketing, dan analytics.

Dengan menggunakan strategi growth hacking, diharapkan perusahaan bisa menggali cara yang efektif, inovatif dan cepat untuk mendapatkan bisnis yang sukses ke depannya.

Apa itu Growth Hacking?

Growth hacking adalah sebuah eksperimental yang bertujuan untuk mendapatkan pertumbuhan bisnis secara cepat dan efektif. Dalam konteks ini, hacking bukanlah aktivitas ilegal, melainkan pemanfaatan kreativitas untuk mencapai tujuan pertumbuhan yang signifikan.

Sebelum merancang strategi growth hacking, langkah awal yang harus dilakukan adalah memahami siapa target audiens Anda. Analisis pasar yang menyeluruh akan memberikan wawasan tentang preferensi dan perilaku konsumen yang dapat menjadi fondasi pertumbuhan.

Analisis data adalah elemen penting dalam strategi pertumbuhan. Memahami data pengunjung, perilaku konsumen, dan kinerja kampanye adalah pondasi untuk pengambilan keputusan. Gunakan alat yang baik untuk mengidentifikasi tren dan peluang yang dapat ditingkatkan.

Strategi Growth Hacking untuk Bisnis Startup

Pebisnis yang menerapkan strategi marketing biasanya disebut growth hacker. Mereka bisanya menggunakan beberapa jenis metode yang banyak diterapkan dalam mengembangkan bisnis startup seperti teknik A/B testing, SEO, email marketing, content marketing, viral marketing hingga reverse engineering. Meski begitu ada beberapa strategi yang dilakukan secara bersamaan atau secara mandiri, penerapannya pun disesuaikan dengan visi dan jenis startup yang melakukan strategi marketing.

Perusahaan modal ventura Indogen Capital adalah salah satu jenis perusahaan yang memiliki langkah strategi untuk perluasan bisnis dengan menggunakan strategi growth hacking. Perusahaan ventura modal tersebut memang dikenal sebagai perusahaan rintisan untuk investasi yang memiliki fokus pada bidang permodalan bisnis startup dari mulai nol hingga mencapai kesuksesan.

Indogen Capital sudah memberikan banyak bantuan modal kepada berbagai perusahaan startup di Indonesia, sehingga mendapatkan julukan Angel Investor Indonesia. Bahkan banyak yang mengklaim, bahwa perusahaan ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk melakukan investasi.

Hingga saat ini perusahaan ventura Indogen Capital sudah banyak menjalin kerja sama sehingga memberikan peluang pada banyak pihak untuk berinvestasi sekaligus memberikan keuntungan tersendiri untuk berbagai perusahaan yang sedang memerlukan investasi untuk pengembangan bisnis.

Peran penting dari strategi marketing growth hacking dalam sebuah bisnis startup adalah konsentrasi untuk menunjukkan hasil yang cepat dan memuaskan meski menggunakan anggaran yang terbatas. Namun, perlu Anda ketahui bahwa strategi marketing ini banyak memanfaatkan beragam cara pemasaran dengan biaya terjangkau dan mempunyai efek yang cukup signifikan, seperti misalnya memanfaatkan adsense atau media sosial untuk kepentingan promosi.

Keuntungan lainnya dalam strategi growth hacking adalah bisa memiliki kegunaan lainnya seperti untuk menurunkan biaya user acquisition, meningkatkan intensitas retensi dari konsumen dan lain sebagainya. Sehingga bisa dikatakan, strategi growth hacking ini ternyata cukup menyimpan peluang untung yang besar untuk pengembangan bisnis startup secara khusus.

Cara Kerja Growth Hacking untuk Bisnis Startup

Banyak pebisnis yang mencari tahu tentang cara kerja growth hacking. Karena strategi ini memanfaatkan saluran bajak laut atau “pirate funnel” yang banyak dilakukan oleh para bisnis startup untuk mengembangkan bisnis mereka dengan cepat.

Di dalam “pirate funnel” meliputi proses untuk melakukan akuisisi, aktivasi, retensi, rujukan dan pendapatan serta berbagai tahapan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran yang menjadi fokus utama dari proses peretasan pertumbuhan.

Secara umum, cara kerjanya adalah dengan memperoleh traffic pengunjung dan jumlah pengunjung website, untuk mengubah status pengunjung menjadi pengguna sekaligus mempertahankan pengguna menjadi pengunjung setiap website yang bersangkutan.

Strategi growth hacking bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, seperti:

1. Mengembangkan strategi marketing afiliasi

Cara yang pertama bisa dilakukan dengan mengembangkan strategi marketing afiliasi atau referral yang dipercaya bisa membantu konversi leads yang cepat dan mudah. Alasannya adalah karena adanya rekomendasi yang berasal dari keluarga, teman hingga rekan kerja yang dipercaya ternyata jauh lebih efektif daripada menggunakan iklan promosi yang dilakukan berbayar sekalipun.

2. Gencar ikuti komunitas bisnis

Cara yang kedua dilakukan dengan gencar mengikuti komunitas bisnis yang mana akan membuat Anda bisa mempelajari banyak hal dari mereka yang sudah berpengalaman. Selain itu, bergabung di sebuah komunitas juga akan menghubungkan Anda dengan mereka sehingga semua pengalaman dan keahlian yang sesuai pun bisa diterapkan untuk mengembangkan bisnis startup yang baru digeluti.

3. Membuat situs website berkualitas

Strategi marketing yang berikutnya adalah membuat situs website yang berkualitas. Dalam hal ini, Anda harus bisa mengelola dan membuat website untuk bisnis Anda, tujuannya agar orang bisa berkunjung ke halaman website Anda. Tapi website Anda harus memiliki tampilan yang bagus agar pengunjung nyaman, sekaligus akan terus berkunjung di situs website Anda.

4. Buat komunitas bisnis di media sosial

Saat ini media sosial sudah menjadi sarana penghubung ke berbagai macam hal. Tak heran, jika ada banyak bisnis startup hingga brand terkenal menggunakan media sosial untuk membuat bisnis mereka dikenal lebih luas oleh masyarakat. Media sosial bisa untuk memajang iklan promosi agar berinteraksi dengan konsumen, sehingga memperoleh umpan balik dari konsumen.

5. HARO untuk taktik growth hack terbaik

Selanjutnya, cara yang terakhir adalah menggunakan HARO sebagai salah satu trik melakukan strategi growth hack terbaik. HARO Adalah sebuah platform yang bisa dimanfaatkan untuk memperlihatkan keunggulan bisnis Anda pada masyarakat luas.

Singkatan HARO, yaitu Help a Reporter Out. Cara ini membantu para jurnalis untuk mendapatkan jawaban dari pebisnis sehubungan dengan bidang keahlian yang dikuasainya. Dengan kata lain, HARO bisa dimanfaatkan untuk menjadi media promosi bisnis startup dengan metode yang halus dan ringan.

Secara umum, strategi growth hacking bisa digunakan untuk membantu pengembangan bisnis startup dengan kreativitas dan keberuntungan yang dimiliki pebisnis. Maka penting untuk diperhatikan, bahwa untuk melakukan strategi ini sangat dibutuhkan seseorang yang paham dan mengetahui cara menerapkannya dengan baik sehingga hasilnya bisa sesuai harapan.

*Baca Juga: Ketahui Apa itu Venture Capital, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya

Salah satu perusahaan venture capital terkemuka di Indonesia, yaitu Indogen Capital, setelah melakukan pemberian investasi biasanya juga akan memberikan pengarahan, panduan dan bantuan secara lengkap sehingga bisa mendukung perkembangan bisnis startup sesuai rencana dan harapan.

Dimana hal tersebut juga akan membantu bisnis Anda untuk meningkatkan nilai atau valuasi startup dan besar atau kecilnya imbal hasil yang diperoleh dari investasi yang dilakukan tersebut.

Strategi marketing ini bisa membantu analisis dan mengoptimalkan beberapa bagian dari sebuah bisnis startup yang harus diperbaiki, sehingga strategi marketing ini bisa lebih tepat pada sasaran. Strategi ini banyak diterapkan oleh mayoritas bisnis startup yang ada di dunia.

Strategi growth hacking setidaknya memiliki tujuan khusus untuk bisnis terkait, yaitu :

  • Fokus pada data metrik yang memberikan kontribusi pada kesehatan bisnis secara menyeluruh
  • Untuk menggunakan data yang tepat dan sesuai harus melakukan pengukuran terhadap apa yang memberikan pengaruh pada strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis startup

Perusahaan venture capital Indonesia, biasanya mendukung penuh strategi growth hacking. Hal ini bisa untuk membantu bisnis startup dalam meningkatkan skala bisnis yang dimilikinya, sekaligus untuk membantu memasarkan produknya secara efektif pada target bisnis yang dituju.