Venture Capital: Pengertian, Jenis Pekerjaan dan Tantangan

Startup adalah salah satu perusahaan yang berkembang saat ini. Perusahaan jenis ini adalah perusahaan yang sangat mudah berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Alhasil startup menjadi incaran orang – orang saat bekerja ataupun berinvestasi. Jika Anda sedang bekerja di startup atau memiliki startup baru, maka sebaiknya Anda harus mengenal dengan namanya Venture Capital.

Mengenal jenis perusahaan ini bisa meningkatkan atau melebarkan sayap agar startup bisa menjadi lebih berkembang lagi. Selanjutnya, pertanyaan intinya adalah apa itu Modal Ventura? Mengapa perusahaan ini menjadi salah satu kunci sukses dari perkembangan sebuah startup? Jika penasaran, mari kita kupas bersama informasi tentang perusahaan modal ventura.

Perusahaan Modal Ventura adalah salah satu kunci agar pada pengusaha bisa meningkatkan bisnisnya. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut dapat memberikan investasi dari orang – orang yang memang menjadi investor. Itulah penjelasan singkatnya. Jika Anda ingin penjelasan yang lebih tentang Venture Capital, inilah informasi yang bisa Anda dapatkan. Semoga informasi ini membantu Anda.

Apa itu Modal Ventura?

Pada dasarnya Modal Ventura adalah perusahaan yang dapat memberikan investasi kepada perusahaan yang membutuhkan. Tentu saja memberikan investasi ini harus ada pengembalian yang bisa saling menguntungkan. Oleh karena itu perusahaan modal ventura ini harus bisa memilih kepada perusahaan seperti apa yang harus diberikan modal.

Tidak hanya memberikan modal saja, perusahaan modal ventura ini bisanya juga menyalurkan para investor – investor yang ingin melakukan investasi pada sebuah perusahaan. Sehingga moda ventura ini layaknya perantara bagi investor dan pencari dana tambahan untuk meningkatkan modal perusahaan.

Modal ventura ini tidak hanya sekadar menjadi penyalur saja, perusahaan ini akan tetap melakukan berbagai macam analisis untuk melihat perusahaan seperti apa yang akan diberikan dana, bagaimana pengawasan dana yang diberikan, kemudian analisis keuntungan dari investor yang nantinya akan menjadi sistem yang terpercaya. Sehingga perusahaan ini tidak akan sembarang memberikan dana pada startup atau menerima investor begitu saja.

Pekerjaan yang ada di Perusahaan Modal Ventura

Sudah dijelaskan jika pekerjaan yang ada di modal ventura ini tidak hanya sekadar menjadi penyalur antara investor besar dengan para perusahaan yang membutuhkan dana. Sehingga sebuah perusahaan ini sangat besar beban pekerjaannya yang membuat sistem dari perusahaan ini semakin baik. Adapun beberapa aktivitas yang berkaitan dengan modal ventura adalah sebagai berikut.

  • Mencari investor besar atau yang nantinya akan disebut sebagai limited partner
  • Mengelola dan menganalisis dana yang didapatkan dari investor
  • Menganalisis keuangan yang dimiliki oleh calon penerima dana
  • Melakukan investigasi terhadap dana yang telah diberikan
  • Dan masih banyak lagi pekerjaan lainnya..

Adanya pekerjaan – pekerjaan tersebut membuat peluang pekerjaan yang ada di modal venture ini semakin banyak. Namun juga tanggung jawab pada pekerjaan ini juga tinggi dan sebanding dengan hasil yang akan didapatkan. Memang terkesan sangat rumit, tapi inilah yang namanya sistem. Dengan sistem yang baik, perusahaan modal ventura akan selalu mendapatkan investor yang benar dan perusahaan startup yang bisa menguntungkan.

Tantangan dari Perusahaan Modal Venture

Siapa bilang perusahaan ini tidak memiliki tantangan. Justru tantangan dari perusahaan ini sangat besar. Selain harus bisa mengalahkan kompetitor, perusahaan modal ventura ini harus bisa meyakinkan investor untuk berinvestasi. Pastinya para investor yang handal pun sudah memiliki perhitungan yang baik. Nah, untuk perusahaan modal ventura harus bisa menyesuaikan atau memberikan gambaran yang lebih baik untuk berinvestasi.

Karena memang perusahaan modal ventura ini mencari investor yang skala besar. Jika skala-nya masih kecil pun tidak menjadi sasaran utama dari perusahaan ini. Begitu pula dengan memberikan dana investasi ke perusahaan. Walaupun sudah dianalisis, tetap saja perusahaan modal ventura hanya bisa meramalkan sesuai dengan data, tidak tahu perkembangan ke depannya seperti apa.

Sehingga sangat riskan sekali jika memberikan dana kepada perusahaan yang masih belum dikenal dengan baik oleh perusahaan venture capital tersebut. Jadi banyak sekali berbagai tantangan yang dihadapi oleh perusahaan modal ventura. Namun jika berhasil dilewati, maka perusahaan ini akan mendapatkan untung yang sangat besar.

Jenis – Jenis Pendanaan Perusahaan Modal Ventura

Ternyata pendanaan modal ventura masih bisa dibedakan jenisnya berdasarkan cara memberikan pendanaannya. Adapun jika Anda ingin memahami perusahaan yang bergerak di bidang investasi ini, maka berikut adalah penjelasan singkatnya.

  • Seed Capital

Perusahaan ini adalah perusahaan modal venture yang memberikan pendanaan pada sebuah perusahaan baru yang akan memulai sepak terjang-nya. Hal ini sangat membantu bagi orang – orang yang memiliki ide brilian dan mampu untuk membuat perusahaan cepat mendapatkan keuntungan.

  • Startup Capital

Jika yang satu ini adalah perusahaan dengan memberikan dana saat startup sudah berjalan dan memiliki produknya sendiri. Jadi pendanaan ini memberikan peluang untuk startup yang dianggap bisa memberikan pencapaian yang besar ketika sudah berkembang.

  • Early Stage Capital

Perusahaan modal ventura memberikan pendanaan padan startup yang sekiranya sudah lebih siap lagi dan bisa lebih berkembang. Pada dasarnya ini menjadi peningkatan untuk bisa lebih produktivitas lagi.

  • Expansion Capital

Pada tahap ini perusahaan modal ventura memberikan dana pada startup yang sudah sangat berkembang. Sehingga startup ini akan meningkatkan pelebaran sayapnya semisal dengan membuka cabang atau lini usaha yang masih berhubungan dengan startup.

  • Late Stage Capital

Jika yang satu ini sudah bisa dipastikan modal venture memberikan dana tambahan modal untuk startup yang sudah maju. Jadi itulah beberapa jenis pendanaan yang dilakukan modal ventura.

Baca Juga : Perang Dimulai! Ada GoTo cs, Grab-Emtek-Bukalapak & SeaBank

 

Perusahaan Venture Capital Indonesia yang Terkenal

Jika sudah membahas venture capital sampai ke jenis pendanaannya. Maka saat ini akan diberitahukan ke Anda, jika ada perusahaan modal ventura yang terkenal dan bisa menjadi solusi bagi pebisnis yang membutuhkan modal untuk startup milik Anda. Adapun perusahaan tersebut bernama Indogen Capital.

Dari sepak terjangnya, perusahaan ini sudah berpengalaman untuk memberikan modal kepada beberapa startup. Selain itu perusahaan ini juga memiliki sistem yang baik untuk kedua belah pihak yang akan melakukan investasi ataupun mencari dana tambahan. Bahkan kabarnya Indogen Capital juga sudah mulai mengadakan kerja sama ke perusahaan yang ada di luar negeri seperti Jepang.

Tidak hanya itu, Indogen Capital juga terkenal karena mengingatkan masyarakat bahwa investasi itu sangat penting. Harus ada road map dan action plan yang harus dibuat sebelum melakukan investasi. Indogen capital memberikan saran tersebut agar pasar investasi semakin tinggi dan bisa membantu perekonomian negara. Jadi jika Anda memang sedang mencari perusahaan untuk diinvestasikan atau mencari dana, maka Indogen Capital salah satu solusinya.